Friday, July 27, 2012

"The Climate Changed" Hasil dari Tabungan kita Selama Ini kah?

Hai, Assalamu'alaikum wrwb
Baru saja adzan subuh, 27 Juli 2012, puasa hari ke 7, tetap semangat!!! :D
Tumben bangat ya nge-post nyubuh, biar lebih produktif ceritenye daripada tidur lagi *ehem
Emm ada apa ya subuh-subuh gini nge-post. Mau nulis apazeh no? apa yaaa kasih tau gak yaaa?? hehehe. Mau nulis sesuatu yang pertama paling benar di blog ini ceritanyah! (HORAAAY AKHIRNYA ADA YANG PENTING JG DISINI!!!)
hihihi jadi malu malu :$

Jadi gini manteman.... Barusan itu, aku iseng-iseng buka lapetop "si unyil" terus buka imel gitu di yahoo, mau nge-cek aja barangkali ada inbox yang penting dari orang-orang penting, eeeh tau nya inbox nya nol bezar (emang dasar so penting si eno, padahal ga penting gituh) yaudah deh jadi saya selaku pemilik imel memutuskan untuk baca-baca berita gitu di yahoo, kan ada tuh di home page-nya banyak berita, lumayan baca-baca biar pinter, biar ga katro, ga ketinggalan jaman, hehe. Emang suka sih baca berita disitu soalnya suka lucu-lucu, trus menarik aja gitu judulnya jadi bikin penasaran dan akhirnya di klik-di baca deh (sayang kan kalo udah di klik trs ga baca, jangan sampe sia-sia hahaha)
Nah, dari sekian banyak berita yg ada, ada Satu, ya, hanya satu, bener banget, cuma satu, iya, satu aja, satu banget yang cukup-sedikit-menarik-perhatian-dari-mata-saya (elah, cuma satu, cukup-sedikit-menarik pula -__-) mehehehe emang loh emang banget. Beritanya itu tentang bagian es-es di greenland yang mencair sampe 97%-nya.  WOW ga sih? WOW banget kan?? Kalo saya pertama baca itu langsung kaget banget, makanya tertarik untuk di klik dan di baca (alhamdulillah)
ane kasih deh nih link nya BACA CEPET!
waktu baca itu pertama kali langsung sedih banget-nget-nget, kenapa ya, kenapaaaa, kenapa bisa mencair sebanyak itu dari seluruh area es yang ada? Kenapa bisa sampe 97% kenapaaa??
Serem ga sih, Greenland, pulau terbesar di dunia yang sebagian besar daerahnya ditutupin es yang es nya cukup tebel apalagi di bagian utara nya, sekarang malah mencair, cair hampir semuanya gitu loh. Kalo mencair kan jadi air, trs air-airnya itu ngalir nya ke laut. Air yang ngalir kan ga se-ember dua ember brooo!!! Tapi udah kaya banjir aja. man! Gila ga sih, ngalir ke laut, trs volume air laut nambah banget, permukaan air laut nya meningkat, trs kalo meningkat gimana? Ya lama-lama pada kelelep lah pulo-pulo yang ada. tapi es di greenland mencair, yang kelelepnya bukan sederajat pulau, yang kelelepnya benua kali :O bayangin coba, bayangin. Kalo kelelep gimana?
Greenland emang jauh dari Indonesia, tapi laut itu ga putus-putus ya nyonyah, laut itu nyambung dr sabang sampe meroke, dari amerika sampe eropa, dari rusia sampe ostrali, dari ujung satu ke ujung lain. itu artinya, kalo volume disini nambah, yaaaa ke laut yang lain jg nambah mamen, kan air itu menekan ke segala arah, menempati ruang-ruang yang masih kosong, ya otomatis laut-laut di negara kita tercinta, Indonesia, juga bakal bertambah volume air nya, trs kalo nambah gue harus bikin pulau bertingkat gitu biar ga kelelep?
Sedih ga sih? Bisa-bisa nya es yang SEGEDE SEGEDE BAGONG gitu cair dengan mudahnya dengan gampangnya. Es batu yang seplastik kecil aja kalo cair udah meleber kemana-mana, ini gunung es, kalo cair melebernya gak nyantei banget
 ini gambar gunung es yang hancur dikit demi dikit, liat aja tuh ada yg jatuh meleleh trs nyatu sama air laut :(

terus ya, buat lelehin es batu aja panasnya harus poll , gimana ngelelehin gunung es coba? Berarti panasnya udah POLL POLL-an banget disana. Katanya sih ada serangan hawa panas gitu. Panas banget pasti ya? ga kebayang deh. trs katanya emang suhu disana itu meningkat sekitar 5-10 farenheit. OH GOD. meningkat segitu aja udah bikin gunung es meleleh, apalagi kalo lebih dari itu ya, bisa meleleh kali hati aku *melting* *jangan diibaca yang ini* *gapentingbangetsihno*

ini gara-gara siapa sih? Gara-gara kamu kali no sama manusia-manusia lainnya yang hidup dijaman sekarang. AH! Sedih. Menyesal. Kebodohan. Ceroboh. Tidak-sayang-alam. Tukang berantakin bumi. :(
gara-garanya sih perubahan iklim, iklim yang tadinya normal-aman-damai-tentram-bersahabat, berubah jadi ganas-panas-ekstrim-dahsyat-bergejolak, gegaranya orang-orang yang seenak udel buang ini buang itu, pake ini itu yg bikin cemar, nebang pohon-pohon buat di ambil kayunya, tanahnya di uruk bikin gedung, mall, gedung dpr,hotel-hotel, apartment, dll. jadinya gini kan kan kan
aku juga sadar sih, sekarang itu cuacanya ekstrim super-duper ekstrim. Kalo panas ya panas banget sampe menyengat ke kulit dan bikin item tangan dan kaki, eeh kalo dingin gila juga sampe nusuk tulang. Bandung juga udah ga se-adem dahulu kala sewaktu aku masih kecil, ga se-dingin dulu kalo lg lari pagi, ga ada lagi kabut didepan rumah yang suka bikin napas berasap (yang suka dimainin anak-anak jd gaul gt kalo berasap mulutnya :')) , hujannya jg labil banget, malah jd jarang hujan.
cuaca ekstrim gini gara-gara ga ada pohon, polusi dimana-mana, mobil banyak banget, motor apalagi. di jalan udah kaya mangkok yang penuh es cendol ijo yang berdesakan. buanyak banget dan belibet. Disini macet, sana macet, jalan dikit, macet lagi, udah panas, kulit gosong, sempurna banget jaman sekarang.
 liat ga sih ini udah beneran mirip cendol banget kan kepala kepala pengguna helm

sedih ya,
mobil&motor banyak >> polusi meningkat >> gas CO makin banyak >> lapisan ozon menipis (malah bolong) >> sinar matahari yang masuk ga disaring sama ozon >> panas banget >> cuaca ekstrim >> iklim labil >> iklim berubah >> ES di kutub mencair >> oh God, forgive me and all people 

saya sendiri sadar banget kalo emang bumi udah ga kaya dulu lagi, udah berubah banget, yang td nya sejuk jadi ga sejuk, yang tadinya indah jadi kurang indah, yang tadinya bersahabat jadi kurang bersahabat. Ini emang gara-garanya kita yang idup disini. 
Why dont we love the most our the-only-earth-in-the-world? 
I love earth, really love earth. I try to make my earth health, avoiding it from any-destroying-things that will make my lovely earth getting worse.
apazeh yang harusnya dilakuin untuk nyelametin bumi sebelum terlambat? kalo saya nih ya, selama ini sih ngelakuin apa yang saya bisa untuk membuat minimal lingkungan rumah nyaman dulu. Mulai dari penghijauan di rumah (di halaman, kebun sebelah rumah), nanem-nanem poho-pohon kecil (paling sering sih pohon buah-buahan biar bisa panen hihi), jangan sampe nyabut taneman sembarangan, trs sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik (mulai dr plastik keresek sampe plastik buat makanan), kalo siang ga nyalain lampu, trs apa lagi ya.. oh iya, dulu jg kan aku hobi banget nulis-nulisan di kertas trs dirobek tuh kertasnya, trs di buang, nulis lagi, dibuang lg, pokonya banyak banget kertas yang dipake, nah sekarang udah jarang corat-coretan lagi, soalnya kertas itu kan dari pohon, selembar kertas aja butuh berapa pohon, apalagi kalo bikin banyak kertas, ya pohonnya butuh banyak kan, makanya saya ga mau buang2 kertas lagi, biar pohonnya ga ilang satu persatu.
 Ya, mungkin yang saya lakukan ini masih kecil-kecilan, tapi mudah-mudahan ada sedikit pengaruhnya untuk menyelamatkan bumi lebih dini.
jujur sedih banget liat banyak yang hancur hutan-hutan, ini itu hancur, tp saya bisa protes apa didepan presiden? Masa mau sabotase perusahaan-perusahaan tukang ngancurin hutan, ga mungkin jg kan.


Makanya saya nyoba ngelakuin yang kecil-kecil yang berguna yanginsyaAllah bakal bikin bumi kembali seperti dulu.
HHH mungkin cara saya ini sepele, tp sungguh, gamau banget liat lagi ada yg hancur ato meleleh ato apalah itu
Bumi, my lovely earth, aku sayang kamu, aku bakal rawat kamu sebaik mungkin biar kamu sembuh dari sakit yg sekarang, maafin aku ya udah bikin kamu sakit, aku gamau kehilangan kamu, akugatau mau tinggal dimana lagi kalo kamu hancur (amit-amit)

I love my earth, really really love earth, never never hurt earth <3 <3




 Retno Diah Kusumaningrum

No comments:

Post a Comment